Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mempromosikan Lagu di Era Digital

Wednesday, June 24, 2020 | 08:56 WIB Last Updated 2020-06-24T01:56:37Z
Cara Mempromosikan Lagu di Era Digital
Cara Mempromosikan Lagu di Era Digital
KARAWANGPORTAL - Tips dan Cara mempromosikan lagu – Dari masa ke masa, Industri musik berubah drastis. Begitu pun dengan genre musik yang semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Yang bisa mengikuti perkembangan zaman akan bertahan, begitu pun sebaliknya, yang tak peka akan tergilas waktu.

Jika berbicara tentang industri musik, banyak para musisi yang mengeluh dengan keadaan yang terjadi saat ini.

Ada yang menganggap bahwa kemajuan teknologi mematikan bisnis musik mereka, ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Anda bisa bayangkan, dahulu hanya musisi tertentu saja yang bisa dapat kontrak label dan membuat album rekaman.

Sekarang, siapa saja bisa cara merekam (secara home recording), bahkan bisa mempopulerkan dan mempromosikan lagu sendiri dengan budget yang minim. Hal demikian sulit terjadi di masa lalu.

Cara Mempromosikan Lagu


Anggaplah Anda musisi yang pro dengan kemajuan teknologi saat ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan lagu kalian dengan budget yang minim, apa saja?

1. YouTube

Media video streaming ini merupakan cara promosi lagu yang sangat powerful.

Tugas Anda adalah membuat lagu yang bagus, membuat klip sederhana tapi menarik, lalu mengunggahnya ke channel YouTube Anda.

Jika Anda sudah memiliki 4000 jam tayang dan 1.000 subscriber dalam setahun, Anda sudah bisa mendaftarkan diri untuk ikut program monetisasi atau memasang iklan AdSense.

Itu bisa jadi tambahan penghasilan buat Anda. Selain karya Anda dikenal, uang pun akan mengalir seiring banyaknya video yang ditonton.

Musisi dan label saat ini juga menerapkan cara ini untuk menambah pemasukan mereka.

Meskipun penjualan album fisik sudah menurun, setidaknya masih bisa didongkrak dari pendapatan AdSense.

Jangan salah, pendapatan dari iklan AdSense itu lumayan bagus lho!

Bahkan, untuk awal-awal saja bisa melebihi gaji PNS. Apalagi sekelas artis-artis atau band besar yang sudah punya fanbase!

Jangan lupa, setiap video yang Anda upload, sertakan link yang menuju ke media sosial serta website di kolom deskripsi.

2. Media Sosial

Peran media sosial di era digital ini sudah tidak terelakkan lagi. Hampir setiap orang punya media sosial, bahkan ada yang memiliki beberapa akun sekaligus. Ini akan memudahkan cara mempromosikan lagu Anda.

Anda bisa memposting hasil karya Anda di beberapa media sosial yang banyak penggunanya.

Misalnya membuat fanspage Facebook, upload di Instagram, maupun membagikan link YouTube Anda ke Medsos tersebut.

Selain itu, dengan adanya medsos, Anda pun bisa berinteraksi dengan pendengar maupun fans Anda.

So, antara artis dan penggemarnya bisa lebih dekat. Ini juga bagus untuk menjaga dan mendatangkan fans baru.

Strategi bagus lainnya adalah dengan membagikan fanspage FB Anda ke grup-grup musik yang relevan. Ini akan menjaring lebih banyak penggemar baru.

Bisa juga menggunakan hashtag, ini bertujuan meningkatkan social signal band ataupun karya Anda.

Jangan lupa minta bantuan teman atau influencer lain untuk menshare hasil karya Anda.

Semakin sering dishare, semakin viral lagu Anda. Maka jangan heran kalau tawaran-tawaran kerjasama mulai berdatangan!

Pasti Anda sudah banyak mendengar lagu-lagu atau artis yang jadi beken karena viral di medsos kan! Bisa jadi Anda orang selanjutnya!

Satu lagi, buat semua akun media sosial yang menggunakan brand Anda, baik itu perorangan ataupun band.

Media sosial yang paling banyak penggunanya adalah FB, Twitter, Pinterest, LinkedIn, Instagram. Jangan sampai Anda tidak buat akun medsos tersebut.

Sebagai referensi tambahan, Anda bisa baca: Cara Promosi di Media Sosial.

3. Website

Jangan remehkan platform yang satu ini. Walaupun banyak yang beralih ke media video streaming, tetap saja banyak orang yang lebih suka membaca.

Ada baiknya kalau Anda membuat sebuah website yang memajang lagu-lagu Anda, jadwal manggung, maupun biografi tentang diri atau band Anda.

Artis-artis besar pun masih menggunakan website sebagai sarana informasi bagi penggemarnya.

Memang dibutuhkan modal yang cukup besar untuk membuat sebuah website yang bagus, namun kalau Anda punya budget yang minim, Anda bisa gunakan platform blog gratisan.

Yang paling penting, Anda harus membeli domain sendiri, biar lebih familiar dan mudah diingat.

Kalau masih bingung bagaimana ingin membuat website, Saya sudah menulis caranya di panduan memulai blog.

Kesimpulan Cara Mempromosikan Lagu di Era Digital

Tiga platform di atas, merupakan cara powerful untuk mempromosikan lagu Anda. Berita baiknya, Anda bisa mengaitkan satu sama lainnya.

Contohnya, Anda bisa pajang link web Anda di deskripsi YouTuber, Anda bisa pajang link lagu terbaru YouTube di bio instagram, Anda bisa membagikan posting website terbaru Anda ke fanspage FB dan masih banyak lagi.

Dengan cara demikian, popularitas lagu Anda bisa semakin mudah dicapai., serta bisa meminimalisir budget untuk mempromosikan lagu.

Cuma yang perlu diperhatikan, meledak atau tidaknya hasil karya Anda tidak tergantung karena popularitas Anda saja di dunia maya, melainkan yang utamanya adalah hasil karya itu sendiri.

Kalau lagu Anda bagus, pasti orang yang akan mencari-cari lagu Anda, dan mereka akan sukarela membagikan lagu Anda ke medsos mereka. Akhirnya dengan sedikit usaha, lagu Anda viral dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment

Karawang Portal | adalah tempat belajar blogger pemula dan profesional. Kamu bisa menemukan kami di sosial media berikut.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

×
Berita Terbaru Update